Yang Menarik di Bumi Perkemahan Kendalisada Banyumas

Imagi.id – Bumi Perkemahan Kendalisada merupakan buper yang ada di wilayah Banyumas, dengan luas sekitar 20 hektar, sangat luas untuk kegiatan perkemahan dan aktivitas yang lain.

Diresmikan pada tahun 1982 sebelumnya bernama Bukit Tunggangan namun karena di lokasi tersebut terapat petilasan yang bernama Kendalisada, maka area tersebut dinamakan Bumi Perkemahan Kendalisada.

Berada di Desa Kaliori, Kecamatan Kalibagor, Banyumas, lokasinya mudah ditempuh berada di jalur Purwokerto-Sokaraja-Banyumas. Dari arah Purwokerto sekitar 14 kilometer sedangkan jika dari arah Banyumas sekitar 3 kilometer ke arah utara alun-alun.

Nampak kokoh pintu masuk bumi perkemahan Kendalisada
Nampak kokoh pintu masuk bumi perkemahan Kendalisada

Ketika tiba di bumi perkemahan ini kita akan disambut dengan gapura yang berdiri kokoh, setelah memasuki lokasi kita akan disambut juga dengan patung Anoman. Memang lokasi ini juga erat kaitanya dengan cerita rakyat Banyumas, konon ceritanya Anoman pernah menetap di tempat ini.

Tokoh pewayangan ini pun menjadi ikon dari bumi perkemahan Kendalisada dengan cerita rakyat yang melekat pada tempat ini.

Kemudian kita akan menemukan sebuah pendopo berbentuk Joglo berukuran cukup besar, cocok untuk acara yang melibatkan banyak orang. Disini juga terdapat beberapa asrama, lapangan dan juga gedung serba guna.

Disebelah barat joglo terdapat musala yang cukup luas untuk aktivitas keagamaan bila terdapat acara disini. Banyak juga kamar mandi yang bersih jadi kita tidak usah merasa khawatir bila berkunjung atau melakukan aktivitas disini.

Hutan pinus nan rupawan di bumi perkemahan kendalisada
Hutan pinus nan rupawan di bumi perkemahan kendalisada

Bumi Perkemahan Kendalisada bukan hanya sebagai tempat perkemahan saja, tempat ini juga dipakai untuk motor cross, terbang layang, aut bond dan rekreasi remaja yang lain.

Yang menarik di tempat ini adalah disebelah barat terdapat semacam danau kecil disitu terdapat sekumpulan rusa yang bisa kita lihat dengan jarak yang sangat dekat. Rusa-rusa tersebut dipelihara oleh pengelola Bumi Perkemahan Kendalisada.

Ada sekitar 20 rusa yang ada disini, rusa tersebut unik karena ketika kita melihat dari jarak yang dekat rusa tersebut tidak akan lari namun akan melihat kita dengan serius seolah siap untuk menerjang.

sekumpulan rusa di bumi perkemahan Kendalisada
sekumpulan rusa di bumi perkemahan Kendalisada

Sayangnya bumi perkemahan ini belum dikelola dengan maksimal, dengan lahan yang sangat luas sebenarnya bumi perkemahan Kendalisada bisa dijadikan destinasi wisata bagi masyarkat tidak hanya untuk aktivitas perkemahan saja.

Kita tidak perlu mengelurkan biaya jika kita ingin berkunjung ke tempat ini pengelola membuka pintu masuk hampir setiap hari, di pagi hari tempat ini juga dimanfaatkan bagi masyarakat setempat untuk berolahraga atau hanya sekedar jalan-jalan sembari menghirup udara segar yang masih banyak kita temukan disini.

Begitupun jika sore hari banyak aktivitas yang bisa kita temukan di lokasi ini terutama bagi kalangan remaja, mereka sengaja menghabiskan sore hari dengan olahraga, atau hanya duduk-duduk menikmati teduhnya pepohonan yang banyak kita temukan disini.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *