Wisata Kuliner Mie Gareng Banyumas yang Melegenda

Imagi.id – Banyumas tidak hanya identik dengan mendoan dan juga kripiknya, banyak makanan yang melegenda yang bisa kita temukan dengan mudah disini, masing-masing makanan tentunya mempunyai cita rasa yang menarik hasil dari racikan bumbu yang diwariskan dari generasi ke generasi

Meskipun pusat pemerintahan berada di Purwokerto namun Banyumas sendiri memiliki kuliner yang tidak kalah ramai dikunjungi oleh para pengunjung baik dari dalam kota maupun luar kota.

Jika kita berada di Banyumas tidak ada salahnya untuk mencicipi makanan yang cukup melegenda hasil dari cita rasa yang enak, ada beberapa pilihan yang ada di Banyumas seperti bakso, mie ayam dan juga tahu kupat.

Mie goreng di mie Gareng Banyumas
Mie goreng di mie Gareng Banyumas

Namun kali ini Imagi.id akan mencoba kuliner mie, mungkin ada beberapa yang sudah tahu makanan ini, karena memang sudah cukup terkenal bahkan hingga ke luar daerah. Namanya adalah mie “Gareng”.

Berdiri sejak 1953 mie Gareng sudah teruji kelezatannya dikelola turun temurun oleh orang yang disebut “Gareng” dengan kekhassan mie yang tidak kita temukan di daerah lain membuat mie ini digandungri oleh masyarakat.

Mie Gareng menawarkan makanan mie yang dijamin membuat lidah kita akan merasa ketagihan untuk memakannya kembali, diolah dengan bumbu-bumbu khas Banyumas makanan ini cocok sekali untuk lidah masyarakat Indonesia.

Cara pembuatannya pun cukup unik, bahan bakunya yaitu mie dibuat sendiri, bukan mie kemasan yang banyak dijajahkan di warung-warung disekitar kita. Cara memasaknya pun berbeda yaitu masih menggunakan tungku dengan kayu bakar sebagai alat untuk memasak mie tersebut.

Tempat yang luas dan nyaman di mie Gareng Banyumas
Tempat yang luas dan nyaman di mie Gareng Banyumas

Lokasi mie Gareng sendiri berada tidak jauh dari alun-alun Banyumas sebelah pojok barat jalan alternatif ke Kebasen tepat berada dipertigaan jalan tersebut.

Tempatnya berbentuk rumah sederhana, namun jika kita lihat pengunjung yang makan disini tidak pernah sepi, pengunjung yang datang pun tidak hanya berasal dari Banyumas malah kebanyakan berasal dari daerah-daerah lain.

Jika kita tidak suka dengan bakmi rebus ada pilihan lain yaitu mie goreng. Meski tekenal dengan bakminya yang melegenda namun mie gorengnya pun tak kalah nikmat. Hanya dengan harga sekitar 15.000,- kita sudah bisa menyantap makanan ini.

Mie Gareng disajikan dengan acar ketimun dan bila kita suka pedas kita juga bisa menambah cabai yang juga disediakan oleh sang pemilik.

Kalau kita amati sebenarnya mie Gareng terlihat seperti mie yang sering kita jumpai di warung-warung makanan namun yang membedakan adalah rasanya yang berbeda dari mie-mie kebanyakan.

Mie gareng sekarang juga sudah membuka cabang di Purwokerto jadi bila kita penyuka mie kita tak perlu jauh-jauh kita sudah bisa menikmati mie yang melegenda ini bersama teman, pacar atau keluarga tercinta.

Nah jika jalan-jalan ke Banyumas atau Purwokerto kita perlu mencoba nikmatnya mie ini di warung Bakmi Gareng.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *