Sensasi Ujung Dunia Pantai Ngobaran Gunung Kidul

Imagi –┬áMemandang Samudera Indonesia yang luas dari tebing batu di Pantai Ngobaran, Gunung Kidul, Jogjakarta seolah-olah berdiri di ujung dunia. Ombak besar laut selatan dan langit biru yang tenang bertemu di ujung cakrawala. Imagi menyajikan pesona salah satu Taman Geologi Gunung Sewu – satu dari banyak warisan dunia yang dimiliki Indonesia.

PESONA NGOBARAN : Tebing batu berbatas laut biru Samudera Indonesia
Tebing batu berbatas laut biru Samudera Indonesia menjadi salah satu pesona Pantai Ngobaran. “Meski harus berjalan di bawah terik matahari, namun sebanding dengan keindahan Pantai Ngobaran,” kata Tyas kepada Imagi. (foto instagram : detyas_ untuk imagi)

Waktu tempuh menuju Pantai Ngobaran sekitar dua jam dari Jogjakarta. Jika ingin menikmati sunrise tentu harus datang dini hari. Atau bagi backpacker bisa menginap di kawasan Pantai Ngobaran. Tidak ada homestay namun ada beberapa warung yang ditunggu 24 jam oleh warga lokal. Jika ada yang menginap biasanya diperbolehkan. Namun rata-rata wisatawan memilih menginap di Jogjakarta dan berkunjung ke Pantai Ngobaran sore hari, menikmati matahari terbenam.

Perjalanan menuju Pantai Ngobaran lumayan asyik. Sepanjang perjalanan akan melewati area berbukit dengan hutan menghijau di atas perbukitan kars. Jika ditempuh dengan sepeda motor bakal bisa beristirahat pada beberapa hutan wisata yang tersebar di kawasan Gunung Kidul.

Pasir putih pantai ngobaran
Pantai pasir putih diapit dua tebing dan hamparan batuan menghijau yang ditumbuhi rumput laut.

Bila wisatawan menggunakan bus ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Sekitar 11 kilometer menuju Pantai Ngobaran, aksesnya masih berupa jalan kecil. Jalur ini hanya bisa ditempuh dengan bus kecil, maksimal 3/4. Jika bus berkapasitas 52 penumpang akan sulit lewat. Selain jalannya sempit juga berliku dan menanjak. Ada dua hal yang bisa dilakukan. Penumpang turun dan menyewa bus kecil selanjutnya diangkut menuju Pantai Ngobaran. Pilihan kedua menyewa dua tukang ojek. Mereka akan mengawal bus dan menjadi penunjuk jalan menuju Pantai Ngobaran. Saat ada kendaraan yang berpapasan tukang ojek ini akan menghentikannya dan mengatur agar salah satu kendaraan bisa melintas terlebih dulu.

Sesampai di Pantai Ngobaran akan disuguhi pemandangan indah. Tebing batu terjal berbatas langsung dengan laut selatan. Deburan ombak yang besar menghantam tebing yang kokoh.

pemandangan di pantai Ngobaran
Sepasang kekasih sedang menikmati pemandangan di pantai Ngobaran

Di sebelah kanan dari tebing batu ini ada pantai pasir putih di antara tebing. Selepas pasir putih ada hamparan batu karang berwarna hijau. Bukan batunya yang berwarna hijau, namun karena di atas batu tumbuh rumput laut. Bak permadani rumput laut. Saat laut surut warga setempat memanfaatkannya untuk berburu rumput laut.

Pada salah satu tebing ada pura kecil yang menjadi tempat ibadah umat hindu. Ada patung dewa-dewi di sekitar pura ini. Selepas pura ada jalan menurun. Di sini ada pantai yang berisi hamparan bebatuan. Ini menjadi salah satu tempat bagi wisatawan mengambil gambar.

Setelah puas menikmati keindahan Pantai Ngobaran wisatawan bisa menikmati segarnya air kelapa muda yang dijual di warung di obyek wisata tersebut. Bila lapar bisa menikmati landak laut yang dimasak dengan cabai. Sebelum pulang layak untuk membawa oleh-oleh khas Pantai Ngobaran, rumput laut kering. (EB-Utomo)

Comments

comments