Eksotisme Karang dan Pasir Putih Pantai Kukup Gunung Kidul

Imagi.id – Memandang Pantai Kukup berasa Indonesia banget. Hamparan pasir putih, perbukitan kars menghijau dan gugusan karang di antara ombak Pantai Selatan Samudera Indonesia saling berpadu menyajikan eksotisme lengkap. Akhir Oktober 2017, Arum Ambarwati, guru SMK 75-2 Purwokerto, bersama rekan-rekan sekantornya berkunjung ke salah satu warisan dunia yang dimiliki Indonesia ini. Dia berbagi kabar untuk Imagi.

Pantai Kukup terletak di Gunung Kidul, masuk Daerah Istimewa Jogjakarta. Pantai Kukup merupakan bagian dari Taman Geologi Gunung Sewu.

Tebing karang memanjang berbatas pantai Samudera Indonesia panorama yang bisa dinikmati di Pantai Kukup

Menggunakan bus memakan waktu tempuh 2 jam dari Jogjakarta dan 6 jam dari Purwokerto. Memasuki kawasan Gunung Kidul, karena merupakan areal perbukitan jalannya berliku. Akses menuju kawasan Gunung kidul sudah sangat bagus.

Jalan beraspal hotmik cukup luas. Di sepanjang perjalanan ini akan disuguhi pemandangan indah. Kanan dan kiri jalan ada area hutan membentang di atas perbukitan kars. Di perjalanan bisa menemukan beberapa wisatawan yang berhenti sembari mengambil gambar landscape hutan di Gunung Kidul.

Keindahan pasir putih Pantai Kukup dengan latar belakang pasir putih, air laut yang jernih dan langit yang biru. “Beberapa wisatawan turun menikmati jernihnya air di Pantai Kukup. Sayang saya tidak membawa baju ganti yang cukup sehingga tidak turun ke air. Tapi mengamvil gambar dari sisi ini sudah menyenangkan,” kata Arum Ambar.

Sebagai ibu rumah tangga yang jarang berolah raga, jalan naik-turun dan berkelok ini membuat perut agak mual. Nyaris mabuk kendaraan.

Namun sesampai Pantai Kukup rasa letih dan mual ini terbayar sudah. Hamparan pasir putih dan senyum ramah masyarakatnya menyambut kami. Berbatas dengan pasir ada hamparan bebatuan menuju laut. Nampak terumbu karang berisi berbagai ikan hias dan biota laut lainnya. Saat laut surut panorama ini akan lebih terlihat.

Di pantai pasir putih ini terlihat beberapa wisatawan mandi. Karena ombak laut sudah terhalang hamparan karang, air laut di pantai ini dangkal dan lebih tenang. Namun demikian mesti tetap hati-hati.

Di sebelah timur Pantai Kukup ada pulau karang. Letak pulau karang ini sebanarnya berdekatan. Namun untuk menuju ke sana dibangun setapak di sisi tebing. Justru ini menambah cantik Pantai Kukup. Dari sini bisa melihat hamparan pasir putih tebing karang.

Jembatan penghubung ini juga merupakan spot cantik untuk mengambil gambar. Beberapa wisatawan ada yang menunggu hingga sore, menikmati matahari terbenam di Pantai Kukup.

Guru dan karyawan SMK 75-2 Purwokerto berfoto bersama di pulau karang Pantai Kukup. Kegembitaan terlihat dari mereka semua.

Pada pulau karang ini terdapat gardu pandang. Dari gardu pandang ini bisa melihat laut lepas. Gardu pandang ini menjadi spot yang bagus untuk menikmati sunset. Sebab tidak terhalang perbukitan di sebelah barat.

Puas bermain di Pantai Kukup, wisatawan bisa membawa oleh-oleh Khas Pantai Kukup. Yaitu rumput laut kering dan aneka seafood yang sudah di masak. (Arum Ambar-EB Utomo)

Comments

comments