Curug Panyatan yang Jernih dengan Panorama Menghijau

Imagi.id – Curug Panyatan ini benar-benar asyik. Udaranya masih sejuk karena berbatas dengan hutan Pegunungan Serayu Utara. Airnya juga jernih menyegarkan.

Curug Panyatan berada di Desa Wisata Gunung Wuled Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga. Ada beberapa wisata yang disajikan di Desa Gunung Wuled ini. Antara lain Puncak Gunung Wuled, Curug Nagasari, dan Curug Panyatan.

Hanya saja, Curug Panyatan yang aksesnya paling gampang. Areal parkir di pinggir jalan dan jarak tempuhnya hanya sekitar 10 menit berjalan kaki.

Curug Panyatan Terlihat Mempesona dari Kejauhan
Curug Panyatan Terlihat Mempesona dari Kejauhan

Menuju Desa Gunung Wuled ini bisa ditempuh melalui dua jalur. Pilihan pertama dari kota Purbalingga melalui Jembatan Sungai Klawing melintas Kaligondang menuju Rembang. Bila dari arah Pemalang bisa melalui Bobotsari ke timur menuju Gunung Wuled Kecamatan Rembang. Bila sudah sampai Kecamatan Rembang akan ada papan penunjuk arah menuju tempat wisata ini.

Sesampai di Desa Wisata Gunung Wuled akan disambut udara sejuk. Udaranya benar-benar masih segar. Jauh dari polusi udara. Apalagi jika berkunjung pagi hari, saat kabut sudah naik. Akan terlihat langit biru dan hijaunya hutan.

Akses menuju Curug Panyatan terbilang mudah. Hingga areal parkir Curug Panyatan jalannya sudah beraspal. Bisa ditempuh menggunakan sepeda motor maupun mobil. Biaya parkirnya murah Hanya Rp 1.000 untuk sepeda motor dan Rp 2.000 untuk mobil. Sedangkan tiket masuknya hanya Rp 5.000 per orang.

Dari areal parkir, dilanjutkan berjalan kaki menuju lokasi curug. Jarak tempuhnya tidak jauh. Hanya sekitar 300 meter. Atau sekitar 10 menit berjalan kaki.

Curug Panyatan mempunyai ketinggian sekitar 35 meter. Airnya jernih dengan sungai yang dangkal. Cocok untuk mandi atau sekadar duduk di atas batu sembari mata kaki berendam di sejuknya air Sungai panyatan.

Air yang jernih di Curug Panyatan
Air yang jernih di Curug Panyatan

Menurut Fatah warga setempat, sungai yang mengalir di Curug Panyatan tidak pernah kering walau puncak kemarau sekalipun, karena memiliki sumber mata air yang sangat besar di kaki Gunung Panyatan.

Ada banyak potensi alam yang menarik untuk dijelajahi disekitar curug panyatan. Selain melihat keindahan curug juga bisa untuk berpetualang susur sungai, tracking ataupun camping. Udara yang sangat sejuk dan keramahan warga setempat menjadi daya tarik tersendiri bagi siapa saja yang berkunjung kesana.

Jika tidak membawa bekal makanan, tidak perlu khawatir. Di sekitar curug panyatan ada gazebo dan warung makan. Sambil menikmati teh, kopi dan mendoan bisa menikmati pesona Gunung Pucung, aliran Sungai panyatan dan rimbunan hutan menghijau serta kabut yang selalu menyelimuti sekitar gunung. (eko budiutomo)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *