Bermain Ombak dan Menyusuri Pantai Teluk Penyu Cilacap

Imagi.id – Pantai merupakan salah-satu tempat favorit sebagian orang untuk berlibur. Selain suasananya yang menyenangkan berlibur ke pantai juga tidak memerlukan banyak biaya.

Di pesisir pulau Jawa banyak terdapat pantai yang menawarkan keindahan dan ombak yang tidak terlalu besar ciri khas pantai selatan sehingga kita bisa nyaman untuk bermain air laut sepuasnya.

Seperti yang terdapat di pantai Teluk penyu Cilacap ini. Pantai Teluk Penyu terletak di kecamatan Cilacap, Jawa Tengah. Jika dari pusat kabupaten Cilacap berjarak sekitar 2 km. Akses menuju lokasi Pantai Teluk Penyu sangat mudah karena dapat dijangkau dengan kendaraan umum maupun pribadi.

Biaya masuknya sangatlah murah dibandingkan apa yang bisa dapat disana. Hanya sekitar 5 ribu rupiah kita sudah bisa menikmati pesona pantai yang memikat mata.

Suasan garis pantai Teluk Penyu Cilacap
Suasan garis pantai Teluk Penyu Cilacap

Namanya tergolong unik “penyu” iya memang dulu kawasan pantai ini merupakan daerah penataran hewan penyu. Namun sekarang sudah tidak lagi dan sudah dijadikan tempat wisata sehingga siapapun bebas untuk berkunjung kesana.

Pantai Teluk Penyu memiliki ciri khas pasir berwaran hitam dengan pemandangan pulau Nusakambangan yang seakan di depan kita. Pulau yang sangat terkenal di Indonesia. Dengan berbagai latar cerita yang mengiringinya.

Jika kita penasaran melihat dari dekat pulau Nusakambangan kita juga bisa mengelilingi pulau tersebut dengan menggunakan perahu yang memang disediakan oleh para nelayan untuk melayani pengunjung. Dengan biaya sekitar 70 sampai 100 ribu kita sudah bisa mengelilingi pulau tersebut.

Bagi kalian yang suka memancing. Disini merupakan surga bagi para pemancing. Karena masih banyak terdapat berbagai biota laut yang bisa kita dapatkan.

Jika kita pergi kesana membawa rombongan keluarga kita bisa bermain ombak sepuasnya, jangan khawatir disini juga terdapat rambu-rambu dan penjaga pantai yang siap memberi peringatan atau menolong orang yang tenggelam. Meski demikian kita wajib untuk selalu berhati-hati.

Perahu yang siap mengantarkan pengunjung menysuri pantai
Perahu yang siap mengantarkan pengunjung menysuri pantai

Bagi kita yang hanya ingin menikmati suasana pantai, disini terdapat banyak warung-warung makan. Kita bisa duduk berlama-lama disini sembari menikmati makanan atau sekedar meikmati secangkir kopi dengan angin pantai yang mendamaikan.

O iya kita juga bisa membawa tikar dari rumah dan bekal sendiri sehingga kita tidak usah menambah biaya untuk membeli makanan. Namun sayangnya banyak pengamen disini yang membuat keintiman kita dengan pantai sedikit terganggu.

Ada beberapa fasilitas yang bisa kita temui disini seperti musala, kamar mandi, wc, dan beberapa toko cenderamata, kita juga bisa membeli ikan laut dengan berbagai varian yang disajikan disini sebagai bekal untuk keluarga di rumah atau bisa langsung di masak di tempat.

Bila kita sedang beruntung kita juga bisa menyaksikan prosesi sedekah laut yang rutin dilakukan setiap tahun disini. Sedekah laut merupakan proses melarutkan berbagai hasil bumi dan laut yang kemudian diarakan ke tengah laut sebagai simbol rasa syukur masyarakat setempat karena lewat laut,  Allah  menghidupi dan memberi keselamatan bagi mereka.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *