Air Terjun Curup Maung Desa Rindu Hati, Lahat. Pesona yang Memanjakan Mata

Imagi.id – Beberapa kali berkunjung ke Curup Maung tak pernah bosan.  Keindahan alam di Desa Rinduhati Kecamatan Gumay Ulu Kabupaten Lahat Sumatera Selatan ini selalu memesona. Bikin hati rindu untuk kembali. Gadis Desa Banyumas Kecamatan Kikim Tengah Kabupaten Lahat, Dwi Restu Saputri berbagi cerita untuk Imagi-tentang pesona Curup Maung.

Berkunjung ke Sumatera Selatan layak untuk menyempatkan berkunjung ke Curup Maung. Apalagi bagi kamu penikmat keindahan alam. Pemandangan asri, sejuk dan merdu suara air, cocok buat kamu yang mendambakan suasana damai sejahtera.  Air terjun ini letaknya di Kabupaten Lahat, Sumatra Selatan, Kecamatan Gumay Ulu, tepatnya di Desa Rinduhati

Sebelum memulai perjalanan ke Curup Maung, sebaiknya siapkan kondisi fisik yang prima. Sebab bakal memakan waktu dan tenaga. Kalau dari Palembang, bisa ditempuh sekitar 5 – 6 jam perjalanan. Itu pun kalau pakai kendaraan pribadi. Tapi kalau dari rumah saya sih cuma 3 jam 😀 .

Untuk menuju spot air terjun kamu akan diuji berjalan sekitar satu jam dari tempat parkir utama. Menempuh perjalanan yang panjang dan terjal, melewati bukit dan bebatuan serta jalan setapak. Tapi asyik kok. Sepanjang perjalanan  kamu akan dimanja dengan pemandangan kebun kopi.

Sejauh mata memandang memang hanya hamparan surga kopi yang bisa kamu lihat. Eits nanti dulu engak capek kok berjalan satu jam, kamu juga bisa sejenak mampir di warung warung untuk beli cemilan maupun nunggu janda minum kopi.

Setiba di tempat wisata tersembunyi ini, dijamin kamu akan lupa kalau kamu telah melakukan perjalanan yang panjang dan melelahkan. Keindahan Curup Maung mampu membius kamu dengan panorama alam yang  menakjubkan dengan dominasi warna hijau yang segar.

Begitu Sampai di Air Terjun Curup Maung. Sontak saja kamera DSLR kuserahkan teman, aku suruh dia motret. Capek sih, tapi dibayar lunas dengan Panorama Indahnya

Selain dapat bermain air, kamu juga dapat bersantai dengan hammock menikmati indahnya spot Air terjun dan sekitarnya. Hamparan kebun kopi yang kamu lewati sepanjang perjalanan akan terlihat bak nuansa asri yang memanjakan mata.

Bagi kamu yang suka tantangan, ada pula arung jeram. Dengan merogoh kocek 300.000 rupiah kamu bisa berarung jeram sepanjang Sungai Lematang. Sungguh tantangan dan pengalaman yang luar biasa.

Tiket masuk air terjun lumayan worth it lah, Untuk hari biasa hanya bayar biaya parkir saja. Pun dibayar seikhlasnya. Sedangkan tiket masuk air terjun berpeluang free . Nah tetapi untuk hari-hari besar, biasanya petugas pasang parkir 5.000 rupiah sedangkan tiket masuk air terjun berkisar 10.000 – 15.000.

Ini kunjungan ke sekian kalinya. Tetep unch unch deh di curup maung ,biarpun cuaca mendung

Tips Sebelum Liburan ke Curup Maung

  • Pastikan fisik prima, termasuk pula kendaraan kamu.
  • Apabila kamu datang dari jauh, pastikan istirahat yang cukup. Tempat istirahat yang aku rekomendasikan pilihlah di Kabupaten Lahat. Tidak usah khawatir banyak tempat penginapan.
  • Sebaiknya titipkan kendaraan anda dan kunci baik baik di tempat parker/Penitipan kendaraan.
  • Bawalah bekal yang cukup termasuk minuman, karena perjalanan panjang yang melelahkan memasuki  kenangan hutan dan kebun kopi.
  • Pake Alas Kaki yang nyaman. Perjalanan yang dilakukan menurun dan cukup curam, sehingga dibutuhkan alas kaki yang nyaman. Aku saranin pakai sandal gunung daripada sandal biasa maupun sepatu
  • Jangan bawa bawaan berlebih. Tidak perlu membawa perlengkapan yang banyak kecuali jika kamu ingin camping. Beban yang berat saat berjalan kaki menyusuri hutan akan mempersulit perjalanan kamu.
  • Bawalah pasanganmu. Menikmati keindahan alam Lahat, yakin sendirian?. Bawa serta pasanganmu, temanmu atau dengan keluarga. Makin ramai makin asyik

Kalau aku sih sepakat perjalanan ini wajib dilakukan suatu saat. Keindahan panorama air terjun ini akan membayar lunas kelelahan kita. Hmm, Jadi kapan berkunjung kemari? (AR)

Comments

comments